Kamis, 15 Agustus 2019

KOLAHER (BEARINGS) KURSI RODA

Kolaher yang ada di kursi roda ada 3 (tiga) macam. Untuk memudahkan, kita menggunakan ukuran relatif saja, yaitu: ukuran kolaher kecil, sedang dan besar. 

Di mana tempat kolaher kecil berada di kursi roda? Dia ada di roda depan (roda kecil) yang ada di depan roda besar di belakangnya. Kemudian di mana kolaher yang sedang berada. Yaitu, berada di engsel pegangan roda kecil. Dan yang kolaher besar, adanya di dalam roda besar kursi roda.
Kolaher mana yang lebih sering rusak. Karena ketiga-tiganya sama-sama berbarengan dipergunakan, maka kerusakan kolaher mana tergantung pada situasi pemakaian masing-masing. Jika pengguna, sendiri atau orang yang membantu dorong. Menabrak benda terutama yang sifatnya lebih keras, maka bagian yang menabrak tadi cepat atau lambat akan mengalami kerusakan (maloperasional). Jadi benar-benar tergantung medannya atau areanya.

Umur teknis masing-masing bisa mencapai 2 tahun. Dan kalau suatu ketika digantipun biayanya murah. 

Tandanya apa yang membuktikan bahwa kolaher rusak. Ketika dibawa jalan, putaran kursi rodanya oleng. Ada yang macet, ada yang pelornya hilang, dlsb.

Jangan dipaksa, terus dijalankan. Ini berbahaya. Silakan dibawa saja ke Bengkel Kursi Roda kami. Hanya dalam waktu 30 menit saja, kolaher rusak sudah diganti dengan kolaher yang baru.   

Ban Kursi Roda

Standar ban belakang kursi roda dari pabrik, ada yang menggunakan ban mati (tanpa dipompa) dan ada juga yang ban hidup (harus dipompa se...